WhatsApp Memperkenalkan Fitur Baru: Mengapa Anda Harus Mengaktifkannya

Berita pilihan

WhatsApp, aplikasi pesan instan populer, telah meluncurkan fitur baru untuk melindungi data Anda. Kini, Anda dapat mencegah pembuatan pratinjau tautan. Saat Anda mengirimkan tautan kepada seseorang, WhatsApp tidak akan menghasilkan pratinjau yang berisi gambar dan judul halaman tersebut. Mengapa hal ini bermanfaat?

Pratinjau Tautan Kini Dapat Dinonaktifkan

Pratinjau tautan dapat mengungkapkan detail tambahan tentang Anda yang mungkin tidak diinginkan. Pada tahun 2016, pengembang Ross McKillop menemukan bahwa pratinjau tautan di Apple iMessage dapat mengungkapkan perangkat dan versi OS yang Anda gunakan. Informasi semacam ini dapat menarik bagi peretas untuk merencanakan skenario serangan potensial. Tidak diketahui apakah pratinjau tautan WhatsApp juga memberikan informasi serupa.

Jika Anda menonaktifkan pratinjau tautan, ini hanya berlaku untuk tautan yang Anda kirim. Untuk tautan yang dikirim oleh kontak Anda, WhatsApp tetap akan menghasilkan pratinjau. Namun, menurut WhatsApp, pratinjau ini tidak akan membocorkan alamat IP Anda.

Cara Menonaktifkan Pratinjau Tautan

Untuk menonaktifkan pratinjau tautan di perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan WhatsApp dan pilih “Privasi”.
  2. Ketuk “Lanjutan”.
  3. Aktifkan sakelar di sebelah “Nonaktifkan Pratinjau Tautan”.

WhatsApp telah bekerja pada opsi ini sejak April. Sakelar ini pertama kali terlihat di pengaturan versi beta 2.24.8.11 (Android) dan 24.7.10.76 (iOS). Kini, fitur ini tersedia untuk semua pengguna Android.

Namun, WhatsApp belum secara resmi mengumumkan ketersediaan fitur ini, melainkan meluncurkannya secara diam-diam. Di redaksi kami, fitur ini tersedia pada perangkat dengan versi WhatsApp 2.24.12.78.