Connect with us

Programming

Akhirnya microsoft, Release visual studio 2017

Published

on

Mdsn blogs

Setelah beberapa kabar lalu microsoft merilis microsoft preview akhirnya sekarang ada kabar gembira bagi pencinta IDE dari microsoft yaity visual studio.

Visual studio sendiri merupakan jenis IDE untuk membuat aplikasi windows dan windows phone yang dulunya hanya khusus windows tapi sekarang bisa membuat aplikasi untuk android dengan kerja samanya dengan xamarin.

Xamarin merupakan IDE untuk membuat aplikasi Android yang developer hanya memahami bahasa C# dengan hadirnya xamarin developer bisa membuat aplikasi android hanya dengan ilmunya C#.

Lantas apa kelebihan microsoft IDE terbaru 2017, kelebihan microsoft visual studio 2017 adalah memungkinkan kita menginstalasikan fiture apa saja yang di butuhkan sehingga menghemat kapasitas penyimpanan desktop atau laptop.

Termasuk fiture kabolarasi dengan web-web git besar yang tersedia di internat seperti github, npmj dan lain, serta mudah dalam membuat aplikasi installer, sehingga menuntun kita agar tidak menggunakan aplikasi untuk membuat program installer.

Kabar gembiranya lagi bagi pengguna MAC OS sekarang juga sudah bisa menggunakannya walaupun dalam tahab uji coba, tapi microsoft konsisten ingin menghadirkan IDEnya untuk OS pihak ketiga, yang dahulunya hanya untuk pengguna windows.

Continue Reading
Advertisement
Loading...
Comments

Programming

Mengapa Graphql lebih baik dari REST API

Published

on

By

Semua yang akan saya bahas di sini bukan semata saya lebih memilih graphql dari pada Rest Api, namun saya akan membahas kenapa saya lebih memilih menggunakan graphql dari pada rest api. bukan karena rest api jelek di mata saya, melainkan graphql lebih mudah dalam saat menggunakannya.

Mengapa saya lebih memilih graphql tersebut karena saya pengemabang yang lebih memilih menggunakan nodejs dari pada php maupun program lain, alasannya simple. program itu di buat untuk di pahami manusia dan setiap program itu saya meyakini bahwa di buat untuk mempemudah. makanya lebih memilih nodejs yang lebih mudah dalam membuat aplikasi sisi server dari pada menggunakan php, ruby,dll

Hal yang pertama saya lakukan setiap saya menggunakan nodejs pasti saya menggunakan framework Express untuk keperluan routing karena mudah dalam penggunaanya. tapi lama-lama kelamaan setelah saya menulis banyak dan saya mulai binggung dengan routing saya yang mana jika routing saya membutuhkan sesuatu secara jelas maka di saat itu pula saya harus melihat kembali code yang saya tulis. Agar work saat saya memanggil di browser.

Tapi jika terus begini saya merasa risih karena saya harus mengulang lagi sesuatu yang sudah saya buat, tapi saat saya menggunakan graphql saya merasa santa nyaman hanya bermodal satu routing kita bisa memanggil semua data tersebut.

Contoh jika saya mempunyai halaman depan dengan 100 Id Object dan untuk melihat apa isi object tersebut saya harus menggunakanan funsgi seperti ini

Pada kedua gambar di atas bisa kita lihat bahwa memang dalam pemanggilan data lebih mudah menggunakan routing mode karena hanya perlu memasukkan :id maka data yang di pilih akan muncul akan tetapi pada graphql kita harus mengatur lagi data apa saja yang ingin kita muncul maka di sinilah point positif untuk graphql karena jika kita hanya membutuhkan message maka hanya perlu memanggil message, sedangkan jika pada routing mode hal itu sangat sulit untuk di terapkan karena kita harus mengguna query mode untuk menentukan data yang ingin kita sembunyikan.

Continue Reading

Android

Developer Android mulai 1 Agustus 2019 di haruskan menyediakan versi 64 bit

Published

on

By

64 bit android developer schedule

Selama ini kita sering mendengar bahwa 64 bit pada processor laptop maupun pc sahaja, Namun faktanya tidak karena kebanyakan android yang di mulai pada versi 5 // Lollipop sudah banyak menggunakan chipset dengan processor 64 bit namun walaupun processor 64 bit namun pada saat itu tidak banyak developer yang meembuat aplikasi 64 bit, mungkin pada saat itu memang google belum memberikan akses untuk buildernya membuat aplikasi 64 bit.

Alasan kenapa google menyuruh pengembang aplikasi untuk membuat 64 bit versi selain 32 bit. karena menurut sumber yang beredar pada Google    dengan dukungan 64 bit maka setiap aplikasi yang di buat akan memiliki kinerja yang tinggi dari pada 32 bit karena sistem 32 bit membutuhkan waktu lebih lama dalam merender suatu data sendangkan 64 bit karena memiliki nilai kompilasi lebih banyak, maka aplikasi yang di bundle 64 bit akan lebih cepat.

Alasan yang kedua kenapa 64 bit lebih recommendasi di tahun saat ini, karena kebanyakn saat ini pada video sudah banyak yang beredar dengan resolusi 4K yang membutuhkan nilai pemerosesan dan yang lebih tinggi sehingga pada pada processor yang nilai kompilasinya rendah akan menyebabkan delay yang berkepanjangan.

Apa yang terjadi jika 32 bit hilang dukungan, saat ini kami admin belum mendengar kata processor 32 bit hilang, karena pada dasarnya pada processor 64 bit mendukung segala hal yang ada pada 32 bit, contoh pada laptop yang berprocessor 64 bit kenapa tersedia folder x86 karena pasti kalian berpikir kenapa begitu padahal laptop kalian 64 bit kok masih ada software yang tertanam pada 32 bit, alasanya karena tidak semua software di buat untuk 64 bit dan juga tidak semua laptop yang ada di dunia ini sudah menggunakan 64 bit, jadi intinya developer setiap program pasti akan membuat versi bervariant untuk memaksimalkan kinerja processor.

 

Continue Reading

Android

Tips ingin buat aplikasi android, Tapi laptop tidak mendukung, ini solusinya

Ingin menciptakan suatu aplikasi yang inovatif namun kurang mempuni akan spesifikasi laptop maupun komputer saat ini bukan menjadi suatu kendala lagi karena sudah tersedia framework yang memang khusus untuk membuatnya dan juga ringan

Published

on

By

Mungkin di antara kalian ingin ataupun bermimpi ingin membuat suatu aplikasi yang berguna untuk orang lain dan juga untuk diri sendiri hal itu sudah wajar karena untuk dunia saat ini yang memang sudah masanya era teknologi namun bagi kalian yang sudah bermimpi namun satu hal yang menjadi kendala yaitu komputer atau laptop.

Perlu di ingatkan dulu yang di bahas ini merupakan bagi yang ingin membuat aplikasi android bukan aplikasi pc, walaupun aplikasi android di buat dengan pc namun aplikasi tidak bisa di install di pc walaupun pc itu sudah mendukung program java dan juga android menggunakan program java. hal itu mungkin kalian sudah tau jadi tidak akan di jelaskan dengan panjang lagi.

Lantas bagaimana cara agar bisa membuat aplikasi android tapi laptop ataupun pc tidak mendukung, tenang seiring berkembanya teknologi maka software juga akan berkembang jadi solusi untuk yang ingin membuat aplikasi android kalian hanya membutuhkan laptop dengan dukungan editor saja seperti sublime or notepad++ karena itu merupakan editor yang sudah powerfull namun sangatlah ringan bahkan sublime di pc ataupun laptop yang ram 2 GB juga sangat lancar. lantas gimana cara membuatnya aplikasi android hanya bermodal sublime, up tenang dulu untuk membuatnya kalian membutuhkan aplikasi yang sangat di perlukan yaitu node.js namun tidak kami tidak akan menjelaskan panjang lebar tetang node.js karena kalian bisa melihat sendiri seperti netflix dan juga aplikasi facebook ads manager yang di bagun dengan code node.js.

lantas kalian haruskan belajar dari kode node.js langsung, kami menjawab tidak karena untuk belajar node.js kalian membutuhkan pemahaman semver, namun node,js bukan fungsi untuk membangun aplikasi dengan format semver saja tapi untuk html juga bisa jadi untuk kalian yang ingin membuat aplikasi android bermodal node.js dan framework ionic, cordova, phonegap sudah bisa membuat aplikasi android tapi harus sedikit paham akan code html untuk codenya mungkin kalian bisa belajar w3school yang merupakan layanan yang bisa menjadi pembelajaran untuk segala jenis kode website.

Tapi bukankan membuild aplikasi yang di buat harus mengguna sdk android, itu betul untuk membuildnya memang membutuhkan sdk namun untuk laptop yang spek ram saja 2 gb processor masih tipe 2 core ataupun laptop maupun pc yang hanya mampu menjalankan aplikasi chrome namun masih juga terkadang stuck, jadi untuk menjalankan sdk android tidaklah cukup dengan spek begitu jadi kalian bisa menggunakan alternativenya seperti adobe phonegap build or ionic pro build  tenang semuanya itu gratis dan juga kalian bisa membuildnya sesuka kalian tanpa batas jadi untuk android studio ataupun sdk android sudah tidak perlu di install di laptop kalian bahkan aplikasi java sekalipun. namun satu lagi yang perlu kalian ingat bahwa phonegap dan juga ionic pro juga tersedia cloud build dengan fungsi git dan juga tersedianya akun premium namun kami belum pernah mencoba akan akun premium, namun hal itu menjadi referensi kalian.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.